Jumat, 19 Februari 2010

Mengatasi Virus


Virus adalah aplikasi yang hampir tidak baik. Menginfeksi komputer dengan menaruh induk didalam komputer dan menyembunyikan dirinya. Apabila induk berhasil ditempatkan maka ia akan menyebarkan anak-anaknya(tidak lebih anaknya adalah induk virus sendiri). Virus dapat menyebar melalui jaringan dan Plug and Play devices seperti disket dan flashdrive, dengan memanfaatkan kelemahan user dan komputer akhirnya virus dapat masuk dengan sempurna.

Secara lengkap begini contoh virus berkerja.

Virus A terdapat di flashdrive anda. Kenapa virus A bisa ada diflashdrive? tentu saja dia tercipta karena komputer sebelumnya telah menginfeksi hardisk komputer. Saat virus mencoba masuk ke flashdrive dia memiliki 2 metode. Yang pertama dia hanya menciptakan induk dan autorun.inf, yang kedua ia memanfaatkan folder, foto, musik, dan aplikasi anda sebagai pemicu untuk membohongi user(bisa disebut juga social enginering). Autrun.inf berguna sebagai pemicu virus yang didalamnya biasanya terdapat command = "open=virus A.exe". dengan begini saja virus dapat berjalan apabila icon flashdrive diklik 2 kali dan tentu saja banyak command yang lain untuk memanfaatkan anda. Saat virus berhasil di eksekusi maka ia akan kembali menginfeksi komputer yang lain dan begitu seterusnya.

Kita tidak perlu panjang-panjang membahas virus dan autorun.inf karena anda juga akan mengerti secara otomatis ^^.

Biasakan saat buka flashdrive jangan men-double klik icon flashdrive, mengklik kanan dengan opsi open dan explorer atau bahkan menu buatan virus sendiri. biasakan untuk mengecek apakah yang dibuka file anda atau virus dengan teknik mengganti type view menjadi details. Dengan begitu anda dapat bisa membedakan mana yang virus mana yang bukan. Virus yang pintar dapat menyembunyikan file anda dan menjadikannya virus yang berpenampilan file anda. Dengan begini anda sulit membedakan.

To 2 point. Saya akan mengajarkan teknik sederhana menghapus virus sendiri(teknik ini berkerja apabila virus tidak meninfeksi ekstensi .bat dan .cmd karena saya akan bermain dengan command prompt.

Pertama, jika komputer sudah kena virus biasakan untuk mematikan system restore agar virus tidak dapat kembali lagi. Masuk ke safemode > buka notepad dan ketik :
assoc .exe=exefile
assoc .vbs=vbsfile
dan safe menjadi "backup.cmd" bukan .txt dan taruh file didesktop. Setelah itu buka command prompt lagi dan ketik :
assoc .exe=txtfile
assoc .vbs=txtfile
dengan otomatis aplikasi dan vbsfile menjadi beku dan tidak bisa dibuka. Restart komputer dan chek register virus itu sendiri. Apabila anda tidak mengerti tentang register buka aplikasi ccleaner dan lihat startupnya. Biasanya virus terdapat di c:\windows atau \system32 dan menggunakan nama yang aneh. Delete register tersebut dan apabila register tersebut tidak kembali lagi maka virus pun telah mati.
Teknik ini berkerja 70% pada virus .vbs dan 15% pada virus .exe

Nah biasanya virus selalu meninggalkan file kita dalam keadaan tetap tersembunyi. Biasanya saat antivirus menghapus virus di hardisk atau flashdrive anda akan melihat seakan-akan file anda menghilang dikarenakan file anda telah menjadi hidden systemfile. Untuk menampilkannya kembali maka buka command prompt dan ikuti langkah berikut ini :

Apabila flashdrive yang terkena virus terdapat di drive D, maka ketikan :
attrib -s -h d:\*.* /s /d
dengan begini semua file yang ada diflashdrive akan muncul semua.

Janganlah mencoba untuk sombong..
Tapi Cobalah untuk mengerti..

==Selamat Mencoba===

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Karya Anak Bangsa Copyright © 2008 Black Brown Art Template by Ipiet's Blogger Template